project7alpha.com

project7alpha.com – Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sedang mempertimbangkan untuk menyematkan fitur ‘turbo’ pada generasi selanjutnya dari skutik Aerox, menurut Antonius Widiantoro, Deputy General Manager Marketing Communication YIMM. Keputusan ini akan bergantung pada kesukaan pasar dan permintaan konsumen.

Pernyataan Resmi di Cibinong
Antonius mengungkapkan ini saat berada di dealer Yamaha di Cibinong, Jawa Barat, pada Jumat (21/6). “Kami akan mempertimbangkan untuk menambahkan fitur turbo bilamana ada permintaan dari konsumen,” katanya. Namun, saat ini fokus utama YIMM adalah pada model Nmax Turbo yang baru saja diluncurkan pada 12 Juni.

Fokus pada Model Nmax Turbo
Model Nmax generasi ketiga telah diluncurkan dengan teknologi transmisi baru, Yamaha Electric CVT (YECVT), yang dijuluki Turbo. Versi 2024 dari Nmax tersedia dalam dua varian: Neo dengan CVT tradisional dan Turbo dengan YECVT. “Kami ingin melihat bagaimana respons pasar terhadap teknologi baru ini, yang sejauh ini telah diterima dengan sangat positif,” tambah Antonius.

Fitur Baru pada Nmax Turbo
Nmax Turbo mengadopsi pendekatan inovatif dengan menggunakan motor elektrik yang menggantikan roller dalam pulley primer. Ini berbeda dengan sistem turbo tradisional yang mengompresi udara; Turbo pada Nmax Turbo menggunakan motor penggerak yang menggantikan fungsi roller dalam sistem transmisi yang disebut Transmission Control Unit (TCU).

Spesifikasi dan Fitur Aerox
Sementara itu, Aerox terakhir diperbarui pada tahun 2020, dengan peningkatan yang meliputi desain hingga mesin. Aerox Connected kini dilengkapi dengan mesin Total New Engine Blue Core 155 cc dengan teknologi Variable Valve Actuation, menghasilkan tenaga maksimal 15,1 daya kuda pada 8.000 rpm dan torsi puncak 13,9 Nm pada 6.500 rpm. Aerox 2020 juga menawarkan kapasitas tangki yang lebih besar, dari 4,6 liter menjadi 5,5 liter, serta fitur-fitur modern seperti speedometer LCD, kontrol saklar handlebar, port pengisian 12 volt, Stop Start System, Smart Motor Generator, dan lampu hazard. Varian paling atas dilengkapi dengan sistem Anti-lock Braking System (ABS) 1-channel, suspensi belakang bertabung, dan teknologi Smart Key dengan Answer Back System.

YIMM tampaknya serius mempertimbangkan inovasi dalam lini produk skutik mereka, dengan Aerox berpotensi mendapatkan fitur turbo sebagai respons atas permintaan pasar. Keputusan akhir akan bergantung pada feedback konsumen dan kinerja pasar dari implementasi teknologi baru pada model Nmax Turbo.