project7alpha.com

project7alpha.com – Menjaga kebersihan paru-paru adalah aspek kritikal dalam menjaga kesehatan keseluruhan, terutama mengingat tantangan dari virus seperti COVID-19, gaya hidup yang kurang aktif, dan penurunan kualitas udara. Faktanya, Jakarta baru-baru ini tercatat sebagai kota dengan kualitas udara kedua terburuk berdasarkan Indeks Kualitas Udara (AQI) pada tanggal 20 Juni 2024.

Penelitian telah menunjukkan bahwa terdapat beberapa jenis makanan yang dapat membantu meningkatkan dan menjaga kesehatan paru-paru. Berikut adalah beberapa makanan yang direkomendasikan oleh Verywell Health untuk mendukung fungsi paru-paru yang optimal:

Apel

Apel dikenal sebagai makanan yang sangat bergizi dan bermanfaat untuk kesehatan paru-paru. Riset telah menunjukkan bahwa konsumsi apel dan tomat dapat memperlambat penurunan fungsi paru-paru, khususnya bagi individu yang telah berhenti merokok.

Buah Bit

Sebuah studi mengungkapkan bahwa konsumsi jus buah bit, yang kaya akan nitrat, oleh individu dengan hipertensi arteri pulmonal selama satu minggu, menunjukkan peningkatan fungsi paru-paru dibandingkan dengan mereka yang hanya mengonsumsi plasebo.

Labu

Labu, yang kaya akan antioksidan, zinc, dan zat besi, ditemukan bermanfaat dalam mendukung kesehatan respiratori, terutama dalam menghadapi penyakit pernafasan akut seperti COVID-19. Kandungan nutrisinya membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tomat

Penelitian juga telah menemukan bahwa tomat, yang kaya akan likopen (karotenoid), membantu dalam memperlambat penurunan fungsi paru-paru. Konsumsi tomat secara teratur dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan paru-paru.

Sayuran Berdaun Hijau

Konsumsi tinggi buah dan sayuran umumnya dikaitkan dengan risiko penyakit paru-paru yang lebih rendah. Sayuran berdaun hijau, sebagai sumber utama nitrat dalam diet, terbukti membantu pasien dengan COPD dalam beberapa aspek, termasuk peningkatan kinerja fisik, peningkatan jarak berjalan, dan penurunan tekanan darah.

Dengan memasukkan makanan-makanan tersebut ke dalam diet sehari-hari, Anda dapat membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan paru-paru Anda, terutama di tengah tantangan lingkungan dan kesehatan saat ini.