project7alpha.com

project7alpha.com – Honda EM1 e, motor listrik keluaran Honda, telah tersedia di pasar sejak akhir tahun lalu. Meskipun telah diluncurkan, sebagian besar transaksi pembelian motor ini dilakukan secara tunai.

Data Pembiayaan oleh FIFASTRA
FIFASTRA, divisi khusus pembiayaan motor Honda yang dioperasikan oleh PT Federal International Finance (FIF), mencatat kenaikan dalam jumlah pembiayaan motor. Tercatat, sebanyak 703 ribu unit telah dibiayai, meningkat tiga persen dari tahun sebelumnya yang berjumlah 683 ribu unit.

Layanan Pembiayaan untuk Model Listrik
FIF juga menawarkan pembiayaan untuk model Honda EM1 e dan model EM1 e: Plus. “Inisiatif pembiayaan motor listrik Honda ini merupakan bagian dari usaha kami untuk berkontribusi pada pengurangan emisi karbon,” ujar Daniel Hartono, Direktur PT FIF, dalam sebuah acara di Bandung, Jawa Barat, pada tanggal 21 Juni 2024.

Preferensi Pembelian Tunai
Meskipun ada opsi pembiayaan, Daniel Hartono mengungkapkan bahwa mayoritas pembeli memilih untuk membayar motor ini secara tunai. “Sekitar 90 persen pembelian Honda EM1 e dilakukan secara tunai,” kata Daniel.

Produksi dan Keunggulan Lokal
Motor listrik Honda EM1 e diproduksi di fasilitas pabrik AHM di Pegangsaan, Jakarta Utara, yang juga digunakan untuk produksi motor bebek. Motor ini menonjol dengan tingkat kandungan lokal di atas 40 persen, memungkinkannya mendapatkan potongan harga sebesar Rp 7 juta, sehingga harga jualnya menjadi Rp 33 juta.

Persaingan Pasar
Dengan harga setelah potongan, Honda EM1 e bersaing dengan Alva One yang dijual seharga Rp 29.490.000 dan Alva Cervo seharga Rp 35.750.000. Namun, Honda EM1 e memiliki jarak tempuh maksimal 41,1 km dan kecepatan maksimal 45 km/jam.

Keunggulan Brand dan Layanan Purna Jual
Salah satu keunggulan Honda EM1 e adalah reputasi brand Honda yang kuat di Indonesia dan jaringan layanan purna jual PT AHM yang telah terbentang luas hingga ke pelosok daerah. Motor ini juga menawarkan kemudahan pengisian daya di rumah dan sistem swap baterai yang belum banyak diadopsi oleh merek lain.

Kapasitas Distribusi
Menurut Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor, Octavianus Dwi Putro, perusahaan mampu mendistribusikan antara 150 hingga 200 unit motor listrik per bulan, termasuk untuk keperluan promosi seperti riding test dan unit display.

Honda EM1 e menawarkan kombinasi dari inovasi teknologi, kemudahan pembiayaan, dan kekuatan brand yang membuatnya menonjol di pasar motor listrik Indonesia. Dengan dukungan jaringan layanan purna jual yang luas, motor ini siap memenuhi kebutuhan konsumen di tengah meningkatnya kesadaran akan kendaraan ramah lingkungan.